Kamis, 10 Agustus 2023

Sistem Peredaran Darah

SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA  


Sistem peredaran darah manusia memiliki peran penting untuk tubuh kita. Tidak hanya mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh, sistem ini juga berperan dalam proses metabolisme. Metabolisme sendiri merupakan proses pengolahan zat gizi dari makanan yang telah diserap tubuh untuk diubah menjadi energi.

Sistem peredaran darah manusia, terdiri dari berbagai organ yang memiliki fungsinya masing-masing. Yuk ketahui lebih lanjut mengenai ketahui sistem peredaran darah manusia, di pembahasan ini, Minco akan menjelaskan mulai dari apa itu sistem peredaran darah hingga upaya mencegah terjadinya gangguan pada sistem peredaran darah. Disimak bersama ya Teman KOCO!

Fungsi Sistem Peredaran Darah

Selain mengantarkan darah, oksigen, dan nutrisi, berikut adalah beberapa peran atau fungsi sistem peredaran darah lainnya:

  • Mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme berupa karbon dioksida lewat paru-paru.
  • Melawan berbagai infeksi sehingga mencegah penyakit.
  • Membawa hormon penting ke seluruh tubuh.
  • Mengatur kadar pH dan suhu inti tubuh tetap stabil. 
  • Memelihara fungsi berbagai sistem organ dalam tubuh.
  • Membantu proses pemulihan luka atau cedera.

Komponen Sistem Peredaran Darah

Nah Teman KOCO, sistem peredaran darah manusia dasarnya terdiri dari tiga komponen, yaitu darah, jantung, dan pembuluh darah. Setiap komponen tersebut memiliki struktur dan fungsi khusus, dan ketiganya bekerja sama untuk dapat mengedarkan darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya.

Darah

Darah berperan sebagai pembawa nutrisi, oksigen, hormon, dan antibodi ke seluruh tubuh. Tak hanya itu, darah juga mengangkut zat beracun dan sisa metabolisme, seperti karbon dioksida, untuk dikeluarkan dari tubuh. Darah sendiri terdiri atas beberapa bagian, yaitu plasma darah, sel darah, dan keping darah.

Jantung

Jantung berperan memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh dan dari seluruh tubuh ke jantung. Jantung terletak di rongga dada, tepatnya di atas sekat rongga dada dengan memiliki ukuran sebesar kurang lebih kepalan tangan masing-masing manusia.

Pembuluh darah

Pembuh darah berperan dalam mengedarkan darah dari jantung ke berbagai organ dan jaringan tubuh maupun sebaliknya. Terdapat tiga jenis pembuluh darah di dalam tubuh, yaitu:

  • Arteri merupakan pembuluh darah yang berperan membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh, kecuali pembuluh arteri pulmonalis.
  • Vena merupakan pembuluh darah yang berfungsi membawa darah ke seluruh tubuh atau dari paru-paru kembali lagi ke jantung.
  • Kapiler merupakan jenis pembuluh darah yang menghubungkan arteri ke vena. Kapiler adalah jenis pembuluh darah terkecil.

Mekanisme Sistem Peredaran Darah Manusia

Setelah mengetahui komponen-komponen sistem peredaran darah, sekarang kita akan membahas mekanisme peredaran darah pada manusia. Sistem peredaran dara terbagi menjadi sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar.

  • Sistem peredaran darah kecil
    Sistem peredaran darah kecil atau peredaran darah pulmonal, merupakan peredaran darah dari jantung ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung.
  • Sistem peredaran darah besar
    Sedangkan sistem peredaran darah besar atau peredaran darah sistemik ialah peredaran dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi lagi ke sujantung.

 Sumber: https://www.kocostar.id/topik-belajar/mengenal-sistem-peredaran-darah/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar